Information » Curriculum Information » Cambridge IGCSE

Cambridge IGCSE

IGCSE, adalah singkatan dari International General Certificate of Secondary Education dalam bahasa Indonesia: Sertifikat Internasional Pendidikan Menengah. Dalam Wikipedia diartikan sebagai ujian internasional untuk siswa sekolah menengah. IGCSE mulai dikembangkan oleh CIE (Cambridge International Examination) pada tahun 1988 dan dijadikan ujian internasional oleh CIE dan London Examinations. IGCSE tersebut sebenarnya kalau dibandingkan dengan kurikulum Indonesia, setara dengan SMP kelas 1 hingga berakhir di SMA kelas 3. Namun di beberapa sekolah, tidak sedikit yang menyelesaikan IGCSE di SMP kelas 3, baik melalui kelas reguler maupun kelas percepatan.


Biasanya setelah menyelesaikan semua materi dari grade 7 hingga grade 10, siswa wajib mengikuti test IGCSE yang diadakan di seluruh dunia secara serentak, biasanya di bulan Mei-Juni atau bisa juga di bulan Oktober-November. Kita bisa katakan, sebagai UN untuk kurikulum cambridge. Ujian IGCSE cukup unik. Karena siswa tidak ujian dalam rentang 1 minggu, namun dalam rentang yang cukup lama bisa mencapai 1 bulan. Sebagai contoh di dalam ujian IGCSE subject matematika, terdapat 3 paper ujian semisal paper 1, 3, dan 5, sehingga siswa menyicil ujian tersebut dalam beberapa hari.


Yang bagus dari ujian tersebut, banyak ujian yang isian (essay), bukan pilihan ganda, sehingga menjamin siswa untuk benar benar mengerti pelajaran tersebut, dan tidak tebak tebakan. IGCSE dengan induk asalnya dari Inggris (UK) ijazahnya diakui di seluruh dunia, sehingga bilamana siswa mempunyai ijazah IGCSE bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri dan sudah pasti diterima seperti ke Hong Kong, Singapore, Australia, Amerika, Malaysia, Inggris, Canada, New Zealand, dan semua negara ex jajahan Inggris (British Commonwealth), dimana siswa tersebut tidak perlu turun kelas untuk ikut kelas penyesuaian kurikulum. Tidak sedikit siswa yang selesai IGCSE mereka melanjutkan jenjang lebih tinggi AS level dengan mengikuti program Junior College (JC) di Singapore, ataupun negara lain


Program IGCSE diakui diseluruh dunia sebagai salah satu pencapaian akademik. Keuntungan utama adalah untuk mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke A-Level atau International Baccalaureate Diploma Programme. Kurikulum International General Certificate of Secondary Education telah dirancang untuk mengembangkan kreativitas, pemikirian intelektual dan pemecahan masalah kemampuan yang akan meningkatan kesuksesan siswa ke jenjang pendidikan berikutnya.

IGCSE juga merupakan kurikulum internasional yang berimbang dan dirancang sedemikian rupa untuk memberikan rasa percaya diri dalam mencapai standar akademi yang tinggi melalui praktek mengajar dan belajar.

Bimbingan Belajar di Octagon EduCentre

Belum banyak tempat les IGCSE di Surabaya. Apalagi tempat les yang bekualitas tinggi. Di Octagon EduCentre Surabaya, guru-gurunya merupakan lulusan Singapura dan USA yang sudah berpengalaman mengambil tes dan juga mengajar IGCSE di Singapura dan sekarang kembali ke Surabaya untuk mengajar les IGCSE.