Information » Scholarships Information » ASEAN Scholarships

Tentang ASEAN Scholarships

ASEAN scholarships adalah sebuah program beasiswa dari pemerintah Singapura yang dibuka untuk anak-anak muda berprestasi dari negara-negara ASEAN, yakni: Brunei, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, Kamboja, Laos, dan tentunya Indonesia.

ASEAN scholarships untuk Indonesia diberikan selama maksimal 4 tahun. ASEAN scholarships akan diperpanjang setiap tahun apabila nilai sekolah penerima ASEAN scholarships dianggap memuaskan. ASEAN scholarships ini bernilai lebih dari 100 juta rupiah. Penerima ASEAN scholarships akan mendapatkan:

  • 1 tiket pesawat ekonomi PP Indonesia-Singapura
  • SGD2,200 (~22 juta rupiah) per tahun (Secondary)
  • SGD2,400 (~24 juta rupiah) per tahun (Pre-University)
  • Tunjangan pindah ke Singapura sebesar SGD400 (~4 juta rupiah)
  • Akomodasi / asrama
  • Pembayaran uang sekolah (kecuali biaya tambahan lainnya)
  • Pembayaran ujian Singapore–Cambridge O-Level dan A-Level
  • Asuransi kesehatan

Apabila menerima ASEAN scholarships, penerima ASEAN scholarships akan mulai belajar dari level Secondary Three. Setelah 2 tahun dan lulus ujian Singapore–Cambridge O Level (atau setara), penerima ASEAN scholarships akan naik ke jenjang Junior College. Dua tahun kemuadian, di akhir jenjang Junior College, penerima ASEAN scholarships akan mengambil ujian Singapore–Cambridge A Level (atau setara).

Perbedaan ASEAN, ACS & MGS Scholarships

ACS dan MGS scholarships merupakan bagian dari ASEAN Scholarships. Salah satu perbedaannya adalah di sekolah tempat penerima beasiswa akan belajar.


    • ASEAN scholarships adalah program beasiswa untuk anak laki-laki dan perempuan. Penerima beasiswa akan mengikuti tes penempatan sekolah di Singapura dan setelah itu akan ditempatkan di salah satu sekolah terbaik seperti Victoria School dan Anderson Secondary School.
    • ACS scholarships adalah program beasiswa untuk anak laki-laki. Penerima beasiswa akan bersekolah di Anglo-Chinese School (Independent), sebuah sekolah Methodist elit dan sekolah IB terbaik di Singapura dan dunia.
    • MGS scholarships adalah program beasiswa untuk anak perempuan. Penerima beasiswa akan bersekolah di Methodist Girls’ School, sebuah sekolah Methodist elit khusus perempuan dan merupakan sister school ACS (Independent).

    Selain itu, ASEAN scholarships adalah program beasiswa yang terbuka untuk umum sedangkan ACS dan MGS scholarships hanya terbuka untuk murid-murid dari sekolah partner ACS dan MGS.

    Cara Mendapatkan ASEAN Scholarships

    Pendaftaran ASEAN scholarships biasanya dimulai dari bulan Mei hingga bulan Juni. Sebagai contoh, pendaftaran beasiswa ASEAN / ASEAN scholarships tahun ajaran 2018 dimulai dari tanggal 26 Mei 2017 hingga 28 Juni 2017.


    Kriteria untuk mendapatkan ASEAN Scholarships:

    • Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Berumur 14-16 tahun (di tahun pendaftaran dan tes seleksi beasiswa)
    • Berprestasi di sekolah secara konsisten
    • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup
    • Rajin berpartisipasi di aktivitas ekstra kurikuler
    • Lulus tes dan wawancara beasiswa ASEAN / ASEAN scholarships


    Setelah menerima ASEAN scholarships, penerima ASEAN scholarships akan berangkat ke Singapura di akhir bulan Oktober atau awal bulan November.

    Tes Seleksi ASEAN Scholarships

    Untuk memastikan bahwa penerima ASEAN scholarships adalah murid berprestasi, kandidat penerima ASEAN scholarships harus mengikuti tes seleksi ASEAN scholarships. Tes seleksi ASEAN scholarships ini juga digunakan untuk mengukur kesiapan kandidat penerima ASEAN scholarships untuk menempuh pendidikan kelas dunia di Singapura.


    Tes ASEAN scholarships biasanya diadakan di bulan Juli di Jakarta, Surabaya, dan Singapura. Ada 3 komponen tes seleksi ASEAN scholarships:

    • Mathematics
    • English Language
    • General Aptitude Test / IQ Test

    Komponen Bahasa Inggris dan Matematika di tes seleksi ASEAN scholarships disesuaikan dengan tes kenaikan kelas dari Secondary Two ke Secondary Three di Singapura. Tes kenaikan kelas ini tidaklah semudah tes kenaikan kelas seperti di Indonesia yang biasanya hanya pilihan berganda. Selain itu, tes seleksi ASEAN scholarships ditulis dalam Bahasa Inggris. Ini dapat menaikan tingkat kesulitan tes ASEAN scholarships menjadi berlipat-lipat.

    Persiapan Tes Seleksi ASEAN Scholarships

    Tidak semua sekolah di Surabaya memiliki kualitas pendidikan yang bisa mempersiapkan murid-muridnya untuk menghadapi tes seleksi ASEAN scholarships. Tes seleksi ASEAN scholarships ini sangatlah selektif. Hanya murid-murid yang berprestasi dan siap secara mental yang bisa mendapatkan ASEAN scholarships.

    Bimbingan persiapan tes seleski ASEAN scholarships cukup diperlukan. Selain dapat memperoleh lebih banyak ilmu (setara Secondary Two dan juga Secondary Three di Singapura) dan mengasah kemampuan, bimbingan persiapan tes seleksi ASEAN scholarships juga dapat mempersiapkan mental.

    Dengan mendapatkan tips dan juga mencoba contoh soal-soal tes seleksi ASEAN scholarships, murid-murid akan merasa lebih tenang karena sudah merasa familiar dengan tes seleksi ASEAN scholarships. Murid-murid juga bisa mengukur kesiapan dirinya menghadapi tes seleksi ASEAN scholarships atau juga mengukur kesetaraan dengan murid-murid Secondary Two di Singapura. Selain itu, murid-murid juga bisa dibimbing dan diberi arahan yang lebih terfokus sehingga meningkatkan kesempatan mendapatkan ASEAN scholarships.

    Bimbingan Belajar di Octagon EduCentre

    Tidak banyak tempat bimbingan persiapan tes seleksi ASEAN scholarships di Surabaya berkualitas tinggi. Banyak tempat bimbingan persiapan tes seleksi ASEAN scholarships di Surabaya diajarkan oleh guru-guru yang tidak pernah mengambil tes seleksi ASEAN scholarships apalagi mendapatkan ASEAN scholarships tersebut. Akan tetapi, Octagon EduCentre Surabaya memiliki guru-guru yang pernah mengambil tes seleksi ASEAN scholarships itu dan behasil mendapatkan ASEAN scholarships! Selain itu mereka juga sudah sekolah di Singapura dan sangat mengetahui sistem pendidikan di Singapura!

    Informasi Lebih Lanjut

    ASEAN Scholarships: www.moe.gov.sg/admissions/scholarships/asean/indonesia

    Anglo-Chinese School (Independent): www.acsindep.moe.edu.sg

    Methodist Girls’ School: www.mgs.moe.edu.sg